Jumat, 31 Agustus 2018

Cap Cay, Hidangan Cina Sederhana dan Sehat



Cap Cay Mie Ayam Jamur Medan

Cap cay, kamu pasti familiar dengan nama makanan Cina yang satu ini, kan? Cap cay sendiri adalah hidangan yang terdiri dari berbagai sayuran yang dimasak bersama dengan bumbu dan daging, makanan laut, dan jeroan sebagai pelengkap. Cap cay atau cap cai yang dikenal luas di Indonesia adalah cap saus dan goreng cay. Keduanya sama-sama enak dan bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Arti nama cap cay adalah 10 sayuran, tetapi tidak harus membuat cap cay Anda benar-benar menggunakan 10 jenis sayuran ini. Secara umum, stamp cay adalah menu makanan yang lahir dari budaya masyarakat Cina yang memasak menggunakan sayuran sebagai bahan baku utama dalam pembuatannya. Sayuran yang biasa digunakan untuk membuat perangko cay seperti mustard hijau / putih, kembang kol, wortel, kacang, kacang polong, jamur, seledri, jagung muda, cai sim, dll.

Orang Indonesia, terutama Jawa, memproses cap cay dengan variasi konten yang cukup berbeda. Perbedaannya terletak pada adanya campuran tepung goreng, biasanya disajikan dengan tutup cay goreng. Tepung adonan diberi bumbu seperti bubuk kaldu, bawang putih, dan garam lalu diremas dan dibentuk bulat agak kental. Kemudian digoreng sampai kecoklatan dan potong sekitar 3 cm.

Jika kebetulan Anda ingin membuatnya sendiri di rumah untuk makan bersama keluarga Anda, di sini Kulina berbagi resep mudah untuk membuat stempel sederhana untuk Anda.

Cap Cay Kuah Sederhana
Bahan:
100 gr cauliflower, potong sesuai dengan bunga
100 gr sawi putih, potong-potong sekitar 2 cm
100 gram daun kubis, potong-potong
5 batang bawang, dipotong menjadi sekitar 2 cm
5 batang seledri, potong 2 cm
6 sawi hijau, potong sepanjang 2 cm
6 biji, potong sekitar 2 cm
50 gr wortel, potong-potong
2 buah tomat, potong 4 bagian
200 ml air (kurangi air jika ingin cap cay goreng)

Bahan tambahan:
100 gr jamur (jamur atau jamur kancing, sesuai selera Anda)
100 gram udang, kupas dan bersihkan
100 gram fillet ayam, diiris sekitar 2 cm

Bumbu:
2 siung bawang putih, dilumatkan
1 sendok makan minyak wijen
1 sdt bubuk lada
3 sendok makan saus tomat / saus sambal
½ sdt gula
1 sdt garam
½ sdt bubuk kaldu, opsional
3 sendok makan kecap manis (jika Anda ingin membuat cap cay goreng)

Bagaimana membuat:
1. Tumis bawang putih hingga aromanya harum. Kemudian tambahkan minyak wijen, sambal / tomat.
2. Tambahkan bahan tambahan seperti udang dan ayam, atau jika Anda ingin menambahkan makanan lain seperti hati dan jeroan ayam, bakso, sosis, makanan laut, dll. Tumis bahan tambahan sampai berubah warna dan matang.
3. Kemudian, taruh semua sayuran yang telah dipotong dan dibersihkan. Tumis hingga layu sedikit, lalu tambahkan air, garam, bubuk lada, gula, dan kaldu bubuk (jika menggunakan).
4. Tunggu hingga mendidih dan sajikan selagi hangat.

Cap cay juga dikenal sebagai salah satu menu yang dipesan untuk makan bersama dengan teman kantor, keluarga, atau pasangan. Selain mampu menciptakan suasana hangat dan kebersamaan, Anda juga bisa menyebarkan semangat hidup sehat dengan banyak sayuran. Tak tanggung-tanggung, dengan mengonsumsi cap cay, tubuh Anda bisa menyerap vitamin A, B9, C dan K sekaligus.

Selain hidangan seperti cap cay, sekarang ada menu makan siang yang bisa dimakan bersama dengan teman di tempat kerja, keluarga, atau sekolah. Kulina hadir sebagai layanan katering dengan beragam menu berkualitas tinggi. Semakin padat Anda makan dengan teman dan kerabat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar